Cara Merawat Kuku Kaki agar Tidak Hitam

Cara Merawat Kuku Kaki agar Tidak Hitam

loading...
Cara merawat kuku kaki sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Sering diabaikannya perawatan kuku kaki menyebabkan kuku kaki akan mudah rusak daripada kuku tangan. Cara merawat kuku kaki sangat penting karena kaki merupakan bagian dari tubuh yang sering tertutup oleh kaos kaki, sepatu,high heels ataupun alas kaki yang lain. Sehingga kuku kaki lebih rawan rusak daripada kuku tangan. Cara merawat kuku kaki secara alami dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada kuku kaki.

Banyak salon kecantikan yang menawarkan jasa perawatan kuku pada kaki maupun tangan dengan biaya yang tidak murah. Melakukan perawatan kaki di salon memang lebih praktis. Tetapi juga akan menambah pengeluaran hanya untuk perawatan kuku. Karena itu cara perawatan kaki secara alami dapat dilakukan sendiri di rumah karena lebih efisien. Berikut merupakan cara merawat kuku kaki agar tidak hitam yang dapat dicoba di rumah.


Mencuci Kaki Setiap Hari

Kaki cenderung kotor dan juga berkeringat. Sehingga cara merawat kaki agar tidak hitam dapat dilakukan dengan mencuci kaki secara teratur. Biasakan untuk mencuci kaki pada waktu malam hari . selain untuk menjaga kesehatan juga dapat mencegah kotoran masuk ke dalam kuku ketika tidur. Cara merawat kuku kaki dapat dilakukan dengan cara berikut.
  • Mencuci kaki dengan sabun dan air hangat, cara ini akan membersihkan kaki dari kotoran, keringat serta bakteri yang menempel. Bersihkan juga sela-sela jari kaki agar bersih. Setelah selesai dapat dibersihkan dengan handuk yang lembut.
  • Menjaga kuku agar tetap bersih, ketika mandi luangkan waktu untuk membersihkan kuku pada kaki. 

Melembabkan Kaki Setiap Hari

Menggunakan lotion pada kaki sebagai rutinitas merupakan salah satu cara merawat kaki. Cara merawat kuku kaki agar lembab yaitu dengan menggosokkan lotion pada kaki termasuk pada sela-sela jari kemudian memakai kaos kaki. Ketika bangun pagi maka kaki akan terasa lembab.

Memotong Kuku dengan Benar

Cara merawat kuku kaki agar tidak hitam dapat juga dilakukan dengan memotong kukunya. Setiap beberapa minggu sekali sebaiknya memotong kuku kaki agar lebih kuat. Pemotongan kuku pada kaki dengan cara yang salah dapat menyebabkan kuku tumbuh ke dalam dan dapat membuat sakit. 
  • Cara merawatnya dengan memotong yang benar dapat dilakukan dengan memotongnya dari tepi membentuk kurva. Hindari pemotongan terlalu pendek karena dapat menyebabkan kuku tumbuh ke dalam dan terjadi infeksi. 
  • Apabila lebih suka memotong kuku berbentuk bulat maka dapat menggunakan kikir kuku sehingga hasilnya akan berbentuk persegi dengan ujung yang bulat. 

Melakukan Perawatan Kaki Setiap Dua Minggu

Cara merawat kaki agar tidak hitam serta terlihat indah dapat melakukan pedicure. Pedicure dapat membuat kaki menjadi lembut serta bebas dari kulit kering dan kasar. Selain iku kuku kaki juga akan terlihat bersih dan rapi. Perawatan kuku kaki tidak perlu ke salon dan menghabiskan biaya yang banyak. Pedicure dapat dilakukan sendiri di rumah. Seperti halnya di salon, beberapa peralatan pedicure juga dapat disiapkan dan dicoba sendiri di rumah.

Memotong Kuku ketika Masih Lunak

Cara merawat kuku kaki agar tidak hitam dapat dilakukan dengan memotong bagian yang masih lunak. 
  • Potong kuku kaki lurus, agar bagian kuku yang melengkung tidak tumbuh ke dalam.
  • Memotong kutikula, meskipun tidak dianjurkan memotong kutikula. Dapat diberikan minyak kutikula untuk kuku kaki agar dapat melembutkan dan melembabkan tepi kuku yang mengeras. 

Menggunakan Cat Kuku

Cara merawat kuku kaki selanjutnya yaitu dapat menggunakan cat kuku sesuai selera. Apabila ingin warnanya tahan lama dapat digunakan warna dasar dan biarkan kering. Kemudian baru menggunakan warna cat kuku yang ingin dipakai dengan tiga kali kuas yaitu menguas kuku sebelah kanan, kiri kemudian bagian tengah. Setelah itu ratakan.
  • Gunakan alat pemisah dari jari satu ke jari lainnya, hal ini dilakukan agar kuku yang baru dicat tidak mewarnai jari yang lain. 
  • Menghapus cat kuku setelah beberapa hari agar kuku tidak menguning apabila terlalu lama menghapusnya.
  • Mempertimbangkan untuk tidak memakai cat kuku yang mengandung aseton karena dapat menyebabkan kulit dan kuku kering

Mengatasi Kuku Tumbuh Ke dalam

Cara merawat kuku kaki secara alami ketika kuku kaki tumbuh ke dalam dapat dilakukan sendiri. gunakan alat kuku yang lurus kemudian angkat bagian yang tumbuh ke dalam dan letakkan kapas kecil di bawahnya agar tidak berkembang lebih dalam. Ganti kapas setiap hari sampai tidak tumbuh ke dalam. Balutlah kaki agar tidak terinfeksi. Apabila ada tanda infeksi sebaiknya segera dibawa ke dokter.

Pengobatan terhadap Jamur Kaki

Jika kaki mengalami gatal maka kemungkinan itu disebabkan oleh jamur. Jamur pada kuku kaki lebih sulit untuk diobati. Cara merawat kuku kaki jika agar tidak ada jamur yaitu dengan mengoleskan krim sesuai dengan aturan pakai. Apabila dalam beberapa keadaan kuku tidak berkurang serta berwarna coklat atau kuning serta pecah-pecah maka segeralah bawa ke dokter agar segera dapat diatasi.

Cara merawat kaki agar tidak hitam di atas dapat dicoba agar kuku kaki selalu bersih dan indah. Jangan lupa untuk rajin memotong kuku jika kuku sudah panjang. Sebaiknya penggunaan cat kuku yang tidak mengandung aseton karena dapat menyebabkan kuku menjadi kering.

Demikian informasi tentang cara merawat kuku kaki agar selalu indah. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.
loading...

You Might Also Like:

loading...

Share this: