Mengatasi Kulit Telapak Kaki yang Kering Secara Alami

Mengatasi Kulit Telapak Kaki yang Kering Secara Alami

loading...
Mengatasi telapak kaki kering – Mempunyai telapak kaki yang halus merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Telapak kaki yang halus merupakan idaman untuk wanita. Jika mempunyai telapak kaki yang kasar akan menjadi masalah dan harus segera diatasi. Mengatasi telapak kaki kering mengelupas dapat dilakukan baik secara alami maupun menggunakan produk yang tersedia di pasaran. Mengatasi telapak kaki kering mengelupas akan lebih aman apabila dilakukan secara alami.

Penyebab telapak kaki menjadi kering yaitu karena penuaan (usia), cuaca yang dingin, menggunakan sabun keras, terkena air terus menerus, kelebihan berat badan, menggunakan alas kaki yang kurang tepat, maupun karena penyakit seperti eksim, psoriasis, maupun penyakit tiroid dan diabetes.


Kulit telapak kaki yang kering akan terasa kurang nyaman dan mengurangi rasa percaya diri. Mengatasi telapak kaki kering dan pecah-pecah dapat berhasil dengan maksimal asalkan dilakukan secara teratur dan rutin. Berikut cara mengatasi kulit telapak kaki kering yang dapat dilakukan sendiri.

Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kecantikan termasuk untuk mengatasi telapak kaki kering dan pecah-pecah. Menggunakan minyak kelapa dapat membantu mengatasi jamur dan bakteri pada kaki.

Cara menggunakannya yaitu sebelum tidur sebaiknya merendam kaki dengan air hangat dan menggosoknya. Setelah itu keringkan kaki menggunakan handuk yang lembut dan oleskan minyak kelapa. Pakailah kaos kaki setelah mengoleskan minyak kelapa. Pada pagi harinya saat bangun kaos kaki dapat dilepas dan membersihkan kaki. Cara ini dapat digunakan setiap hari sampai merasakan hasilnya.


Menggunakan Cuka

Cuka yang biasanya digunakan untuk bahan masakan juga dapat digunakan untuk mengatasi telapak kaki kering dan pecah-pecah. Asam asetat pada cuka dapat membantu melembutkan kulit yang akhirnya dapat membuat kulit telapak kaki yang kasar dapat membantu pengelupasan pada kulit. Cuka juga dapat mengatasi keki yang lelah karena aktivitas seharian.

Cara menggunakan cuka untuk mengatasi telapak kaki kering yaitu dengan mencampurkan satu cangkir cuka biasa atau sari cuka apel ke dalam dua gelas air. Rendam kaki selama 15 menit kemudian gosoklah menggunakan batu apung. Setelah selesai keringkan menggunakan handuk dan oleskan pelembab.


Menggunakan Pisang

Pisang yang masak merupakan buah yang rasanya manis dan lezat. Selain bagus untuk kesehatan tubuh pisang juga bermanfaat untuk kecantikan. Pisang dapat juga digunakan untuk mengatasi kulit telapak kaki yang kering. Menggunakan pisang akan membuat kulit menjadi lembut dan lembab.

Cara menggunakannya yaitu menghaluskan dua buah pisang yang sudah masak, dapat juga diblender (dapat ditambahkan dengan alpukat). Setelah halus dan membentuk pasta dapat dioleskan pada kaki. Biarkan selama 20 menit dapat mencuci kaki dengan air hangat kemudian dibilas dengan air dingin. Gunakan tips ini setiap merasa telapak kaki kering.


Menggunakan Oatmeal

Mengatasi telapak kaki kering dan pecah-pecah dapat menggunakan scrub dari oatmeal. Scrub dari oatmeal akan menjaga kelembaban telapak kaki. Selain itu juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel-sel kulit baru sehingga telapak kaki akan terasa lembut.

Menggunakan Jeruk Lemon

Jeruk lemon yang memiliki rasa asam ini memiliki kandungan vitamin C yang banyak. Jeruk lemon dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kering pada telapak kaki sehingga dapat membuat kulit lembut dan indah.

Cara menggunakannya yaitu dengan menambahkan air jeruk lemon ke dalam air hangat. Rendamlah kaki pada campuran air hangat dan jeruk lemon sambil menggiosok kaki dengan batu apung. Setelah 10 menit kaki dapat dicuci dengan air biasa kemudian keringka dengan handuk yang lembut. Setelah itu gunakan pelembab untuk mencegah kulit kaki menjadi kering.Cara ini dapat digunakan dua kali seminggu.

Tips Lain untuk Menjaga Kulit Telapak Kaki agar Tidak Kering
  • Selalu gunakan pelembab setiap hari agar kulit tidak menjadi kering. Setelah menggunakan cara alami juga sebaiknya menggunakan pelembab agar hasilnya dapat menjadi maksimal.
  • Jika mempunyai kulit yang sensitif sebaiknya menggunakan pelembab yang terdapat tulisan diformulasikan untuk kulit yang sensitif.
  • Agar telapak kaki tidak kasar maka gunakan batu apung untuk menggosoknya setelah mandi atau pada saat merendam kaki. Lakukan cara ini secara rutin untuk menghindari kapalan pada telapak kaki.
Supaya cara mengatasi kulit telapak kaki kering mempunyai hasil yang maksimal sebaiknya menggunakan tips secara teratur. Pemilihan bahan alami yang sesuai dengan keadaan kulit kaki juga penting karena dapat menentukan hasil akhirnya. Menggunakan bahan alami untuk mengatasi telapak kaki kering tidak mempunyai efek samping dan dijamin aman.

Demikian tips mengatasi telapak kaki kering yang dapat dibagikan. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba.



loading...

You Might Also Like:

loading...

Share this: