9 Penyebab Rambut Berketombe Perlu Diperhatikan

9 Penyebab Rambut Berketombe Perlu Diperhatikan

loading...
Penyebab rambut berketombe – Seringkali kita mencari cara mengatasi rambut berketombe dengan berbagai solusi. Tetapi apakah Anda mengetahui penyebab rambut berketombe dan rontok yang terjadi pada diri Anda. Sebaiknya agar perawatan untuk mengatasinya dapat maksimal harus diketahui penyebab rambut berketombe terlebih dahulu.

Ketombe merupakan pengelupasan sel-sel kulit mati yang berlebihan pada kulit kepala. Anggapan bahwa ketombe merupakan kutu rambut tidaklah benar. Ketombe terjadi karena adanya sel kulit mati yang mengelupas. Ketombe ini menyebabkan kulit kepala menjadi bersisik dan gatal, kadang juga berwarna merah.


ketombe

Biasanya ketombe akan terlihat apabila Anda berpakaian gelap. Memiliki ketombe selain membuat tidak nyaman juga membuat rasa percaya diri menjadi berkurang. Agar Anda dapat menjaga rambut supaya indah dansehat, berikut merupakan penyebab rambut berketombe dan rontok. 

Perawatan Rambut yang Kurang Tepat

Memiliki ketombe bukan berarti rambut Anda kotor atau jarang dibersihkan. Perawatan yang salah merupakan salah satu penyebab rambut berketombe. Apabila perawatan yang salah ini diteruskan maka bisa menjadi lebih parah daripada sebelumnya. Karena itu berhati-hatilah dalam perawatan rambut maupun menggunakan produk untuk rambut karena bisa-bisa dapat menyebabkan rambut berketombe. 

Sengatan Sinar Matahari

Penyebab rambut berketombe yang selanjutnya yaitu terkena sengatan sinar matahari dalam waktu yang lama. Karena terkena sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak sehingga dapat menekan jamur yang menjadi penyebab rambut berketombe.

Jenis Kulit Kepala

Penyebab rambut berketombe berikutnya yaitu karena jenis kulit kepala. Setiap orang mempunyai jenis kulit kepala yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Jika Anda mengalami masalah ketombe yang berkelanjutan maka tidak ada salahnya jika memeriksakan kulit kepala pada dokter sehingga akan mendapat perawatan dan mengatasi dengan cara yang tepat.

Stres

Stres dapat menjadi penyebab rambut berketombe. Stres serta depresi yang berkepanjangan juga dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit kepala dan rambut. Misalnya saja akan sering mengalami kerontokan rambut dan mempunyai ketombe.

Malassezia

Malassezia merupakan sejenis jamur yang hidup pada kulit kepala pada orang dewasa. Tetapi malassezia kadang hidupnya tidak teratur dan tidak terkendali sehingga dapat menimbulkan iritasi dan banyaknya sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Jamur ini memakan minyak pada kulit kepala yang dikeluarkan oleh folikel rambut. 

Jarang Keramas

Jika Anda jarang keramas maka dapat menjadi penyebab rambut berketombe. Jika Anda jarang keramas maka akan menimbulkan penumpukan kotoran pada kulit kepala sehingga dapat menyebabkan timbulnya ketombe. Sebaliknya, terlalu sering keramas juga dapat menimbulkan kulit kepala menjadi kering sehingga ketombe akan mudah muncul. 

Penggunaan Sisir Rambut

Penggunaan sisir rambut juga perlu diperhatikan. Misalnya menggunakan sisir yang telah digunakan oleh orang lain yang mempunyai masalah ketombe. Hal ini dapat terjadi karena ketombe dapat menempel pada sisi sisir. Sebaiknya bersihkan dahulu apabila menggunakan sisir untuk menghindari rambut berketombe. 

Cuaca

Cuaca dapat menjadi penyebab rambut berketombe. Hampir sama dengan faktor terkena sengatan matahari, cuaca yang panas juga dapat menjadi penyebab rambut berketombe.

Makanan

Makanan juga dapat mempengaruhi munculnya ketombe pada rambut. Apabila konsumsi makanan Anda kekurangan zat besi dan juga vitamin B maka Anda berpotensi mengalami masalah ketombe pada rambut.

Dari beberapa penyebab rambut berketombe tersebut, Anda dapat menghindarinya. Rambut yang sehat dan indah akan menunjang penampilan dan kecantikan Anda.

Demikian ulasan tentang penyebab rambut berketombe yang dapat Anda ketahui. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.
loading...

You Might Also Like:

loading...

Share this: